Upaya Mengabadikan Karya Mahasiswa




Judul Buku : Susu Soda : Isu-Isu Sosial Media
Penulis : Finsensius Yuli Purnama, dkk
Penerbit : Kanisius
Tahun Terbit : 2018
Jumlah Halaman : XIV + 355

Oleh: Indrawan Perdana K *
  
"Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis yaitu bekerja untuk keabadian."
(Pramoedya Ananta Toer) 

Hal tersebut yang sedang dicoba oleh dosen sekaligus mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Nasrani Widya Mandala Surabaya (FIKOM UKWMS). Buku Susu Soda: Isu-Isu Sosial Media mengajak setiap mahasiswa untuk menciptakan suatu penelitian ringan tentang tema tertentu yang dikaitkan dengan teori dalam kajian komunikasi massa. Harapannya, buah pikir mahasiswa tidak hanya berakhir pada suatu nilai akademik belaka, melainkan mampu membuka cakrawala khalayak.

Adalah mahasiswa FIKOM-Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angakatan 2015, kala Semester Gasal 2016/2017 yang bersama dosen pengampunya, Fins Purnama dalam mata kuliah Komunikas Massa yang mempunyai ide menciptakan karya ini. Tema yang diambil yakni terkait hal yang sedang booming, yang sedang digandrungi oleh banyak pihak dan menjadi media baru dalam berkomunikasi.


Ya, buku ini berisi ulasan-ulansan lebih dalam dan bermacam-macam terkait media sosial dalan kajian komunikasi massa. Bahasan terkait media umum yang disampaikan di sini pastinya berdasarkan sudut pandang mahasiswa yang disampaikan secara ringan, terstruktur, serta tetap mengedepankan logika dan teori.

Buku ini tentu bisa menjadi acuan penting tentang media sosial dan kajian komunikasi massa. Dengan info-gosip yang menawan tentu buku ini juga pas dibaca ketika menghabiskan waktu senggang. Buku yang diterbitkan Penerbit Kanisius dan Penerbit UKWMS ini juga memuat konten yang kekinian berdasarkan subtema yang dipilih sebagai isi buku ini. Contoh subtema yang dibahas adalah, news, penawaran spesial event, e-commerce, dan masih ada subtema menarik yang lain. 


Berawal dari pembagian subtema tersebut, turun menjadi beberapa judul penelitian yang berhasil digarap oleh mahasiswa FIKOM UKWMS. Kemenarikan dan keberagaman tidak berhenti di subtema saja, ternyata judul-judul yang diambil juga kontemporer, unik dan yang niscaya tetap mengedepankan kaidah ilmiah, sehingga sangat cocok selaku refenrensi atau bahan pembanding bagi observasi sejenis terutama terkait komunikasi massa dan media gres.

Jika diperhatikan lebih dalam, ternyata buku ini memuat aneka macam media umum selaku bahasannya, mahasiswa FIKOM UKWMS tidak terpatok dalam media umum tertentu dalam menciptakan tulisan ini. Namun memang ada satu media sosial yang menjadi primadona untuk diteliti dan itu pun pastinya bergantung pada subtema yang didapat. Sebagai acuan media umum yang diteliti yaitu Kaskus, Instagram, Youtube, Facebook, Blog, Online News, dsb. Sungguh beragam bukan.

Ditinjau dari sisi teori, buku hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa FIKOM UKWMS ini menggunakan teori komunikasi massa yang beragam pula. Hal ini mampu diartikan selaku bentuk antusiasme mahasiswa dalam mengerjakan proyek ini, alasannya adalah dengan teori yang bermacam-macam artinya akan menghidangkan observasi dan konten yang tentu bermacam-macam. Variasi-kombinasi lain juga ditunjukkan oleh mahasiswa, adalah terkait pemilihan judul. Semua judul yang diambil, nyaris semua memakai judul yang variatif dan menggelitik, imbasnya akan menciptakan penasaran bagi pembacanya.

Sebagai pola ada salah satu observasi yang berjudul “Yakin Suka Nonton Indovidgram?”, bagi penggemar akun instagram, ini pastinya akan memancing rasa penasaran dan menggelitik sisi fanantisme penggemar. Ditinjau dari bahasa penulisan, buku ini mempunyai bahasa yang sedikit formal alasannya DNA-nya yakni penelitian ilmiah, namun tetap bisa disampaikan secara ringan ditambah lagi metode penulisannya yang terencana sehingga bisa diperhitungkan selaku bahan tumpuan.

Terakhir, terkait inovasi dalam berkarya, buku Susu Soda : Isu-Isu Sosial Media ini bisa menjadi ide bagi institusi lain dalam membuat solusi terkait pendokumentasian serta penilaian kepada sebuah karya tulis mahasiswa. Dari sudut pandang mahasiswa, tugas yang biasanya selsai di meja dosen, kini bisa dikembangkan dan disatukan menjadi suatu buku yang mirip diterangkan di permulaan, mampu memberi faedah bagi khalayak luas. Selain itu, buku ini juga mampu dipakai sebagai pemacu motivasi yang lebih tangible bagi mahasiswa dalam menyelsaikan peran atau penelitian.

Dengan dibukukan seperti ini, mahasiwa merasa menerima reward lebih sebagai bentuk apresiasi atas tulisan yang telah dibuat sehingga akan timbul perasaan bangga, baik kepada keilmuan dan juga almamaternya. Ditinjau dari sudut pandang institusi, buku ini mampu menjadi bahan penawaran khusus yang mempunyai value lebih atas bukti pengabdian keilmuannya kepada khalayak luas.

Secara keseluruhan buku ini memuat berbagai macam fenomena terkait media umum dalan kajian komunikasi massa dengan sudut pandang mahasiswa yang mempesona, ringan dan terorganisir. Buku ini cocok digunakan selaku referensi bagi mahasiswa dalam melaksanakan observasi komunikasi massa dan media gres. Bisa menjadi penemuan yang gres bagi penyelesaian selesai dari suatu peran akhir mata kuliah, serta menjadi bentuk apresiasi yang lebih faktual bagi mahasiswa dan menciptakan rasa gembira atas ilmu dan almamater. Bagi institusi buku ini mampu menjadi media penawaran khusus yang lebih valuable dan bukti pengabdian institusi kepada khalayak luas. Dan satu hal yang bisa dilihat dari buku ini yakni adanya kemungkinan pengembangan yang lebih jauh guna membuka cakrawala ilmu komunikasi yang lebih luas. Sukses selalu FIKOM UKWMS!

* Indrawan Perdana K, Mahasiswa Semester 5  F
akultas Ilmu Komunikasi, Universitas Nasrani Widya Mandala Surabaya (FIKOM UKWMS).
 
"Jika merasa artikel ini berfaedah, silakan dishare pada saudara, teman dan teman-temanmu."
Sumber https://www.kalderanews.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama