Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel - Sebelumnya aku pernah menyajikan bagaimana cara menciptakan nomor urut otomatis di microsoft excel, masih seputar microsoft excel kali ini aku akan coba mengembangkan tutotial bagamana cara menunjukkan nomor halaman / page number di setiap halaman microsoft excel yang hendak dicetak.
Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sungguh penting, terlebih dokumen yang kita buat merupakan dokomen resmi, di microsoft word menunjukkan nomor halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan timbul.
Beda halnya dengan ms excel, memberikan nomor urut halaman di setiap halaman microsft excel memang tidak semudah di ms word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikannya. untuk yang sudah ahli tentu ini bukanlah kasus sulit tetapi untuk pemula saya rasa akan sidikit dibentuk bingung, sebab memang akomodasi pemberikan page number di ms excel sedikit tersembunyi.
Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan microsoft excel dan anda dikala ini sedang bingung cara menawarkan page number di lembar dokumen ms excel yang mau anda cetak, maka lewat artikel ini aku akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara menciptakan nomor halaman berurutan di ms excel.
1. Aktifkan dan buka dokumen ms excel yang ingin anda berikan page number.
2. Pilih hidangan page layout > kemudian tekan tombol page setup di pojok kanan bawah
3. Pada dialog page setup, pilih tab Header & Footer, tanpilannya seperti gambar di bawah ini :
Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk memberikan nomor halaman ialah tombol custom header dan tombol custom footer,
Jika anda ingin memberikan halaman di bagian atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custrom Header.
Atau tekan tombol Custom Footer...jika menginginkan page number timbul di bab bawah halalaman.
Sebagai contoh misal kita akan menjajal menunjukkan number di bab bawah halaman, maka yang mesti diklik ialah tombol Custom Footer, berikutnya akan timbul penampilan mirip gambar di bawah ini:
Pada dialog di atas, ada 3 bagian kotak isian mirip yang diberikan kotak merah di atas, ialah :
Maka pada kotak tersebut aka muncul text &[Page].
Silahkan tekan tombol Ok kalau selesai.
Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen ms excel anda, caranya klik sajamenu file > Print
Tampilan dokomen pun akan timbul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.
Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara gampang memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel, selamat mencoba dan agar sukses. Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sungguh penting, terlebih dokumen yang kita buat merupakan dokomen resmi, di microsoft word menunjukkan nomor halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan timbul.
Beda halnya dengan ms excel, memberikan nomor urut halaman di setiap halaman microsft excel memang tidak semudah di ms word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikannya. untuk yang sudah ahli tentu ini bukanlah kasus sulit tetapi untuk pemula saya rasa akan sidikit dibentuk bingung, sebab memang akomodasi pemberikan page number di ms excel sedikit tersembunyi.
Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan microsoft excel dan anda dikala ini sedang bingung cara menawarkan page number di lembar dokumen ms excel yang mau anda cetak, maka lewat artikel ini aku akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara menciptakan nomor halaman berurutan di ms excel.
Cara gampang menawarkan nomor urut halaman atau page number di halaman microsoft excel
Jika anda memiliki dokumen ms excel yang ingin anda cetak dan di setiap halaman ms excel ingin muncul number halaman secara berurutan, maka anda mampu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:1. Aktifkan dan buka dokumen ms excel yang ingin anda berikan page number.
2. Pilih hidangan page layout > kemudian tekan tombol page setup di pojok kanan bawah
3. Pada dialog page setup, pilih tab Header & Footer, tanpilannya seperti gambar di bawah ini :
Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk memberikan nomor halaman ialah tombol custom header dan tombol custom footer,
Jika anda ingin memberikan halaman di bagian atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custrom Header.
Atau tekan tombol Custom Footer...jika menginginkan page number timbul di bab bawah halalaman.
Sebagai contoh misal kita akan menjajal menunjukkan number di bab bawah halaman, maka yang mesti diklik ialah tombol Custom Footer, berikutnya akan timbul penampilan mirip gambar di bawah ini:
Pada dialog di atas, ada 3 bagian kotak isian mirip yang diberikan kotak merah di atas, ialah :
- Left section, klik disini jika nomor halaman ingin timbul di kiri
- Center section, klik pada bagian ini jikalau nomor halaman ingin timbul di tengah
- Right section, klik ini jika nomor halaman ingin muncul di bab kanan.
Maka pada kotak tersebut aka muncul text &[Page].
Silahkan tekan tombol Ok kalau selesai.
Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen ms excel anda, caranya klik sajamenu file > Print
Tampilan dokomen pun akan timbul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.
Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara gampang memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel, selamat mencoba dan agar sukses. Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Tags:
Ms. Word