Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis Di Ms Word Untuk Makalah, Skripsi Dan Usulan

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal - Sebenarnya daftar isi dibuat untuk membuat lebih mudah pembaca menemukan sub-sub bagian dalam suatu dokumen baik itu dokumen skripsi, tesis, makalah, usulan, buku bacaan, karangan ataupun dokumen yang lain, sebuah dokumen yang mempunyai banyak halaman sangat penting sekali untuk dibuatkan daftar isi semoga lebih gampang untuk di navigasi.

Isi dari daftar isi intinya yaitu judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya lazimnya terencana, judul menjorok paling kiri, kemudian sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal
Daftar isi ms words

Di microsoft word model modern baik itu ms word model 2007, 2013, maupun 2016, sebenarnya sudah disediakan fasilitas otomatis untuk membuat daftar isi, dengan akomodasi ini anda mampu menciptakan daftar isi cuma dalam hitungan detik dengan berulang kali klik saja, sayangnya fitur ini kadang terlewat untuk digunakan dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada jadinya mereka memilih cara-cara manual atau cara kurang simpel, misalnya saja menggunakan tabulasi untuk memperlihatkan titik-titik, atau ditulis eksklusif secara manual.

Nah di peluang kali ini aku akan coba share wacana cara membuat daftar isi dengan sungguh cepat, cuma dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibuat dengan struktur yang rapi pastinya.

Persiapan Sebelum menciptakan daftar isi otomatis di ms Word

Berikut yaitu antisipasi untuk menciptakan daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang mampu anda gunakan untuk daftar isi makalah, tawaran, skripsi ataupun dokumen lainya.

Persiapan membuat daftar isi otomatis yakni selaku berikut:

1. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibuat 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tetapi mesti tekan tombol shift+enter biar si text pindah ke baris berikutnya, alasannya adalah jikalau menekan enter saja, maka akan kuat ke daftar isi yang tidak rapi.

Misal aku ingin menciptakan judul BAB I PENDAHULAN, namun aku ingin  tulisan BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini

BAB I
PENDAHULUAN

Biasanya supaya pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, namun untuk antisipasi menciptakan daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (supaya anda paham)

2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab mesti memakai Format Heading
Memang kebanyakan judul-judul yang dibuat biasanya memakai ukuran font besar kemudian ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan menggunakan heading.

Untuk judul bab memakai format heading 1, dan sub-sub bagian menggunakan heading 2 jika sub-sub judul memiliki sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.


Cara supaya text judul dan sub-sub judul menggunakan format heading yakni selaku berikut:

Pilih goresan pena judul yang ingin diformat lalu blok (seleksi), kemudian Tekan sajian home, kemudian klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, seperti gambar di bawah ini:

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Dengan menekan menu heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang dipakai.

Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, bila sub judul mempunyai sub-sub judul yang lain maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.

3. Modifikasi format Heading
Heading secara default mempunyai warna text biru muda, agar warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dulu sebelum heading tersebut digunakan untuk format judul dan sub-sub judul.

Caranya pilih sajian home, lalu lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan penyesuaian dahulu format heading-heading yang tersedia agar sesuai dengan yang kita kehendaki.

Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih hidangan modify, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal


Pada dialog pengaturan silahkan anda atur supaya heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat tulisan sesuai dengan format yang kita harapkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.

Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,tentukan bahwa judul bab dan sub-sub judul bab telah diformat menggunakan heading1,2,3....


Langkah-langkah menciptakan daftar isi Otomatis secara cepat

Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun anjuran), judul bagian dan sub-sub judul bab telah memakai format heading. langkah berikutnya adalah menciptakan daftar isi otomatis.

1. Ingat daftar isi yang dibuat mesti didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin membuat halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.

2. Pilih sajian preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada hidangan yang tersedia.

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat mirip gambaran gambar di bawah ini (cuma sekedar contoh):
Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda harapkan contohnya Daftar Isi.

Jika terjadi pergeseran judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan tulisan dan lain sebagainya, maka setelah final dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang telah dibentuk sebelumnya, lalu tekan tombol Update Table... yang timbul. ini semoga daftar isi melakukan pergantian sesuai dengan pergeseran halaman yang terjadi.

***

Daftar isi yang dibuat dengan cara ini maka, setiap daftar isi mampu diklik, dan jikalau diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.


Itulah postingan wacana  Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, proposal, supaya bermanfaat.




Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama