Cara Biar Mail Merge Tanggal Dan Angka Desimal Tidak Berubah Sesuai Data Excel

Hari ini aku ingin membagikan sebuah cara yang berkaitan dengan mail merge pada microsoft word, apa yang hendak aku bagikan yaitu tentang cara memperlihatkan data excel di word lewat teknik mail merge untuk data yang mempunyai format khusus seperti data angka atau data tanggal.

Kita tahu kan bila kita melakukan pekerjaan di microsoft excel, untuk data tanggal atau data angka kita mampu sesuaikan atau kita atur formatnya, mirip contohnya angka 1000000, bisa kita kita atur formatnya sampai tampil menjadi 1.000.000,00 ada pemisah titik dan koma atau menjadi Rp 1.000.000 dan format lainnya.

begitu pula ketika kita ingin memperlihatkan tanggal, kita juga bisa memilih format yang tanggal sesuai dengan tanggal indonesia yang kita harapkan.

pengaturan format cell di microsoft excel bantu-membantu sangatlah gampang, sebab fiturnya telah ditawarkan dan gampang sekali untuk dipakai.

Namun permasalahan bisa terjadi, mana kala data dari microsoft excel yang sudah kita buat tersebut, ingin kita tampilkan di microsoft word lewat fitur mail merge. Untuk data excel dalam bentuk teks yang tidak diformat, tidak ada problem, namun persoalan muncul pada dikala data exel yang ingin ditampilkan ialah data yang sudah kita atur formatnya, ya sepeti data angka dan tanggal yang telah di jelaskan di atas.

Karena kebanyakan data-data excel yang sudah kita atur formatnya, pada ketika ditampilkan di micorosft word melalui mail merge, maka data tersebut akan kembali ke bentuk dasarnya, karenanya performa data tersebut tidak seperti yang kita inginkan.

Seperti misalnya:
data di microsoft excel yang sudah di format tampilannya : Rp 1.000.000,00

Nah pada ketika data tersebut di tampilkan di microsoft word lewat mail merge maka tampilannya menjadi : 1000000

Tampilannya jadi kembali ke originalnya tanpa ada format titik kompa dan simbol mata uangnya. dan bukan hanya untuk angka saja, data dengan format tanggal dan data dengan format yang lain pun akan tampil tidak cocok pada ketika data excel tersebut ditampilan lewat mail merge.

Membuat tampilan data mail merge di word formatnya sama dengan  data excel (untuk angka dan tanggal)

Untuk sebagian besar pengguna, microsoft word banyak yang mengalami permasalahan tersebut, namun bahu-membahu problem tersebut mampu di atasi bila tahu caranya.

Ini buat anda yang kebetulan sedang membuat data di word menggunakan mail mege dengan data source microsoft excel dan mengalami problem di atas, langkah-langkah untuk mengatasinya ialah selaku berikut:

1. Silahkan anda buat dulu data source atau sumber data source mail mergenya di microsoft excel, terserah apapun model microsoft excel yang anda pakai bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016
.
Contoh datanya misalnya mirip gambar di bawah ini:


Data excel yang saya buat yaitu data angka yang sudah diformat dengan format currency, dan data tanggal yang sudah aku format dengan format tanggal di atas.

2. Sekarang buka microsoft word untuk mengambil data excel tersebut melalui teknik mail merge.
Agar format data di excel pada dikala ditampilkan di word lewat mail merge tampilannya sama seperti data excel di atas. Maka langkahnya yakni selaku berikut:

a. Tampilkan dialog Word Options.
  • Untuk pengguna microsoft word 2007, caranya silahkan tekan tombol ALT + F, kemudian tekan tombol I pada keyboard anda.
  • Sedangkan untuk pengguna ms word model modern adalah ms word 2010, 2013 atau ms word 2016, untuk menimbulkan word options dialog caranya yakni : Tekan tombol ALT + F, kemudian menekan tombol T.
Pada dialog word options, pilih menu > General Centang pilihan "Confirm file format Convertion On Open".


Selanjutnya Ok.

3. Sekarang kita lakukan mail merge.
a. Pilih menu mailing > Start mail merge > pilih leters contohnya

b. Selanjutnya pilih sajian Mailings > Select Receipens > Use Existing List

Silahkan pilih file microsoft excel yang telah anda buat sebelumnya untuk data source mail merge microsoft word yang sedang anda buat.

Nanti akan timbul, dialog seperti gambar di bawah ini:


 c. Centang pilihan Show All, lalu pilih Opsi MS Excel Worksheets via DDE (*.xls), selanjutnya tekan tombol OK.

d. Selanjutanya silahkan amibl data excel melalui menu Mailing > Insert Merge fields dan pilih data yang ingin anda masukan.

Dengan cara di atas maka data di microsoft word hasil mail merge akan memperlihatkan format data yang sama sesuai dengan penampilan di microsoft excel.

Kurang lebih jadinya di microsoft word terlihat seperti gambar di bawah ini:


 Akhirnya data yang timbul di micorosft word hasil mail merge tampaksama presis seperti performa data yang ada di microsoft excel.

Itulah ihwal  Membuat penampilan data mail merge di word formatnya sama dengan  data excel (untuk angka dan tanggal), supaya bermanfaat.


Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama