Melaksanakan Perkiraan Matematika Di Excel (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Rata-Rata, Persen, Diskon, Dan Total)

Microsoft excel yaitu salah satu aplikasi yang sungguh terkenal yang dibentuk oleh perusahaan software raksasa microsoft yang berfungsi untuk membuat lebih mudah melaksanakan perhitugan data yang didominasi angka secara cepat, sempurna dan akurat.

Dengan menggunakan microsoft excel maka anda tidak butuhlagi harus menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya, karena di dalam microsoft excel mulai dari perkiraan dasar matematika  seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, diskon serta rumus-rumus matematika dari mulai yang mudah sampai yang rumit dapat dioperasikan dengan mudah.

Walaupun melaksanakan rumus perhitungan di excel sangat gampang, tetap saja kita selaku pengguna harus mengenali cara mengoprasikan microsoft excel apalagi dahulu, bila anda sudah mengenal cara memakai excel untuk mengoprasikan perkiraan akan sungguh mudah sekali.

Di postingan kali ini aku akan coba menguraikan cara melakukan perkiraan dasar di microsoft excel yang sering sekali dipakai, ada berbagai rumus perkiraan, tetapi yang aku akan jelaskan yaitu perhitungan matematika dan angka yang sering sekali digunakan di microsoft excel untuk mengolah data.

Jenis perhitungan dasar yang sering digunakan di microsoft excel

Berikut yaitu berbagai jenis rumus dan perkiraan dasar yang sering digunakan di microsoft excel:

1. Operasi  matematika sederhana dengan menggunakan operator penjumlahan +, penghematan -, pembagian /, perkalian *
2. Mencari jumlah total  (SUM)
3. Mencari rata-rata (AVERAGE)
4. Mencari nilai terbesar (MAX)
5. Mencari nilai terkecil (MIN).
6. Menjumlahkan jumlah data (COUNT)

Dengan formula matematika di atas anda telah bisa menghitung persentase, diskon total dan perhitungan sederhana yang lain.

Operasi di atas biasanya melibatkan Nama Cell dan Range, jikalau anda pemula belum memahami apa itu cell dan range, maka sebaiknya luangkan waktu sejenak silahkan anda baca dahulu, mengetahui cell dan range di ms excel

1. Operasi Matematika sederhana di excel (+,-,*,/)

Di microsoft excel selain memakai formula yang sudah tersedia, kita juga bisa menjumlah angka menggunakan operator matematika sederhana adalah penambahan, penghematan, perkalian dan pembagian.

Sayangnya bila memakai operator matematika sederhana tanpa formula, umumnya kurang simpel terlebih dalam perkiraan sudah melibatkan banyak cell, namun untuk kasus-masalah tertentu operasi tanpa formula juga sering dibutuhkan.

Berikut yakni acuan penggunaan operasi matematika sederhana:

a. Penjumlahan dengan operator + di excel
Untuk melaksanakan penjumlahan, pengurangan, pembagian perkalian, dengan operator +, -,* atau /,  di excel, ada 2 pilihan kita bisa kita gunakan adalah memakai cara manual dan semi otomatis (memakai mouse)

Contoh kasus:
Misal kita akan menjumlahkan angka-angka di cell A3, B3 dan C3 yang hasil penjumlahannya muncul di cell D3, maka rumusnya seperti gambar di bawah ini:



a. Cara manual:
Klik pada cell D3, lalu memasukan rumus  =A3+B3+C3 kemudian tekan enter.

b. Cara semi otomatis menggunakan mouse
Atau bisa juga memakai cara semi otomatis dengan tindakan selaku berikut:

Klik pada cell D3, kemudian pada keyboard tekan tombol =, lalu klik pada Cell A3, kemudian tekan tombol + di keyboard, berikutnya klik cell B3, lalu tekan lagi tombol + di keyboard, kemudian klik cell C3, maka akan terbentuk rumus =A3+B3+C3,  tekan enter untuk melihat akhirnya.

c. Isi cell Lainnya secara otomatis:
Jika sudah timbul akhirnya di Cell D3, maka untuk mengisi Cell-Cell yang lain adalah Cell D4,D5,D6,D7, tidak butuhdiisi manual, namun cukup melakukan drag Cell D3 nanti otomatis akan terisi.

Caranya, Klik pada Cell D3, kemudian arahkan mouse ke kotak hitam kecil di sudut kanan bawah seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tahan dan drag/tarik ke bawah sampai cell D7, maka akan otomatis terisi.

Dan alhasil seperti gambar di bawah ini:

2. Pengurangan perkalian dan pembagian (-,* dan /)
Untuk penghematan perkalian dan pembagian caranya sama mirip langkah-langkah di atas tinggal ganti operatornya dengan operator -,* atau /,

Sehinga hasil balasannya terlihat seperti gambar di bawah ini:


B. Mencari Jumlah Total (SUM)

Rumus excel untuk mencari jumlah total dalam sebuah range, rumusnya adalah selaku berikut:
=SUM(range)

Coba lihat table berikut:


Misal pada table di atas, Saya akan memperlihatkan jumlah total (2+4+7+9+6) yang terdapat pada Kolom Angka1 kemudian balasannya timbul di Cell B8.

Caranya silahkan klik pada Cell B8, kemudian ketikan =SUM(     lalu seleksi dengan mouse Cell B3 sampai B7 sehingga timbul =SUM(B3:B7, lalu tekan enter.


C. Mencari Rata-Rata
Mencari rata-rata dalam ms excel formulanya yakni:
=AVERAGE(Range)
 Contoh masalah perhatikan tabel berikut:


Misal, pada cell B9, aku ingin memperlihatkan rata-rata dari ((2,4,7,9,6) yang terdapat di kolom Angka1, maka caranya:

klik Cell A9, lalu ketikan formula =AVERAGE(    kemudian seleksi range dari cell B3 sampai dengan cell B7 seperti yang nampak dalam garis putus-putus di atas, kemudian tekan enter. maka jumlah rata-rata angka-angka yang terdapat pada range B3:B7 akan muncul hasil 5,6.

D. Mencari Nilai Maksimal
Untuk mencari nilai maksimal  atau nilai paling besar yang terdapat dalam range tertentu di microsoft excel rumusnya ialah:
=MAX(range)
Contoh perkara amati tabel di bawah ini:

Misal, sesuai dengan table di atas, pada cell B10, saya ingin menampilkan nilai optimal range B3:B7, maka caranya yakni:

klil Cell B10, kemudian ketikan rumus =MAK(   kemudian dengan memakai mouse seleksi range dari mulai B3 hingga B7, mirip yang diberi garis putus-putus pada tabel di atas, kemudian tekan enter, maka balasannya akan muncul angka 9 mirip terlihata pada tabel di bawah.

E. Mencari nilai Minimal dari range
Untuk mencari nilai sekurang-kurangnyadari suatu range, rumusnya adalah:
=MIN(Range)
Contoh masalah, amati tabel di bawah ini:
 

Misal, sesuai dengan table di atas, pada cell B11, saya ingin memperlihatkan angka optimal yang terdapat pada range B3:B7, maka caranya yakni:

Klil Cell B11, kemudian ketikan rumus =MIN(   kemudian dengan menggunakan mouse seleksi range dari mulai B3 sampai B7, seperti yang diberi garis putus-putus pada gambar tabel di atas, kemudian tekan enter, maka kesannya akan timbul angka 2.

F. Menghitung jumlah data dalam range
 Menghitung jumlah data dalam range tertentu rumusnya adalah:
=COUNT(Range)
Contoh masalah, amati gambar tabel di bawah ini:

Misal, sesuai dengan table di atas, pada cell B12, aku ingin menampilkan jumlah data yang terdapat pada range B3:B7, maka caranya ialah:

Klil Cell B12, kemudian ketikan rumus =COUNT(   kemudian dengan menggunakan mouse seleksi range dari mulai Cell B3 sampai Cell B7, seperti yang diberi garis putus-putus pada gambar tabel di atas, lalu tekan enter, maka karenanya akan timbul angka 5.

Mengisi Cell-cell yang lain
Misal, sesudah memperlihatkan Total, Rata-rata, mak, min dan count untuk kolom 1, kita ingin mengisi kolom angka2,angka3 dan seterusnya, maka kita bisa mengisinya dengan segera dengan cara menawan ke sebelah kanan.

Caranya perhatikan tabel di bawah ini:


 Untuk mengisi kolom-kolom yang lain, caranya seleksi range B8:B12 dari mulai Cell B8 sampai Cell B12. sehabis terseleksi, arahkan mouse pada kotak kecil di sudut kanan bawah, kemudian tarik ke arah kanan, maka kesudahannya terlihat seperti gambar di bawah ini:

Microsoft excel akan menghitungnya secara otomatis. bagaimana cepat bukan.
Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama