Di postingan kali ini saya akan menguraikan perihal panduan bagaimana cara yang benar print atau cetak kop surat pada amplop putih panjang menggunakan microsoft word.
Di aplikasi microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, untuk mencetak pada amplop bekerjsama mampu menggunakan fitur yang telah disediakan secara khusus, namun banyak pengguna yang belum mampu memanfaatkan fitur tersebut alasannya ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman.
Sebenarnya walaupun tanpa sumbangan fitur tersebut, kita bisa saja membuat format lembar dokumen untuk cetak pada amplop secara manual, tetapi tetap saja yang paling simpel yakni memakai fitur untuk mencetak amplop yang sudah disediakan oleh ms word itu sendiri.
Ada beberapa kasus kenapa tulisan yang ingin dibubuhkan pada amplop seperti kop, atau alamat surat perlu memakai komputer, maksudnya ialah supaya gampang untuk dibuat dan biar kelihatan lebih rapih dibandingkan dengan cara ditulis manual, sehingga dengan argumentasi tersebut dikala ini banyak surat-surat khususnya surat resmi dan surat dinas menyertakan kop yang diprint di amplop yang dipakai untuk mengirim surat.
Walaupun microsoft word telah menyediakan fitur khusus untuk print amplop, pada kenyataannya banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan fitur ini, sehingga mereka sering memperoleh kesulitan pada saat ingin mencetak tulisan mirip kop surat atau alamat pada keretas amplop.
Padahal jika mereka tahu caranya, untuk mencetak pada keretas amplop, akan sangat cepat sekali dibentuk.
Langkah-langkahnya adalah selaku berikut:
Silahkan baca: Mengenal ukuran amplop yang terdapat di indonesia.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Buka dokumen ms word (bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016) sama saja alasannya tidak terlalu berlawanan.
b. Pada ms word, pilih menu Mailings > Enploves
c. Pada obrolan Envlopes dan Labels tekan tombol Options... untuk memilih ukuran format amplop yang digunakan
d. Lalu pada dialog Enploves Options.. yang muncul, di bagian Enplope size:silahkan pilih versi ukuran yang tersedia, bila anda tidak tahu, anda bisa menentukan Opsi Custom size... di bagian bawah untuk memilih sendiri berapa ukuran panjang dan tingginya.
e. Jika telah dipilih, tekan saja tombol OK.
f. Lalu pada dialog Envlopes & Labels..., tekan tombol Add to Document,
Maka format dokumen untuk membuat kop surat atau teks pada amplop pun akan tampil, seperti terlihat pada gambar berikut:
Akan muncul 2 kertas/lembar dokumen, kosong yang pertama untuk amplop lengkap dengan layoutnya yang siap dimofikasi dan yang kedua untuk lembar suratnya.
Langkah-langkahnya yakni selaku berikut:
Pada lembar amplop yang telah anda buat di dokumen ms word, silahkan buat kop surat, atau anda mampu copy paste kop surat dari dokumen ms word lain di area atas dokumen amplop bila sebelumnya sudah pernah buat kop surat.
Untuk membuat kop surat diamplop caranya sama dengan artikel yang pernah saya buat sebelumnya, anda mampu baca:
Selain kop anda juga mampu menambahkan isu yang lain pada lembar amplop jikalau memang diperlukan, silahkan tambahkan saja sampai format amplop telah lengkap.
Yang sering menjadi urusan pada dikala print kop surat khususnya untuk pemula adalah posisi kertas amplop, apakah landscape atau portrait, mana bab tampang dan mana bab belakang.
Memang posisi amplop saat diprint perlu diperhatikan, alasannya adalah kalau salah posisi, maka balasannya pun akan berantakan.
a. Pilih sajian Mailings > Envelopes
b. Kemudian pada dialog envelopes & labels tekan tombol Options...
Pada dialog Envelope Options yang timbul, untuk Feed Method, silahkan pilih cara peletakan amplop yang tersedia.
Tidak semua opsi cocok, lazimnya akan menyesuaikan dengan pengaturan printer yang digunakan untuk mencetak amplop.
Pilih salah satu Feed method hingga timbul informasi di bawahnya:
Setelah itu silahkan coba untuk meletakan amplop pada printer sesuai dengan gambar feed method yang diseleksi, jika salah anda mampu coba dan coba hingga menciptakan hasil cetakan amplop yang benar dan rapih.
Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Di aplikasi microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, untuk mencetak pada amplop bekerjsama mampu menggunakan fitur yang telah disediakan secara khusus, namun banyak pengguna yang belum mampu memanfaatkan fitur tersebut alasannya ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman.
Sebenarnya walaupun tanpa sumbangan fitur tersebut, kita bisa saja membuat format lembar dokumen untuk cetak pada amplop secara manual, tetapi tetap saja yang paling simpel yakni memakai fitur untuk mencetak amplop yang sudah disediakan oleh ms word itu sendiri.
Ada beberapa kasus kenapa tulisan yang ingin dibubuhkan pada amplop seperti kop, atau alamat surat perlu memakai komputer, maksudnya ialah supaya gampang untuk dibuat dan biar kelihatan lebih rapih dibandingkan dengan cara ditulis manual, sehingga dengan argumentasi tersebut dikala ini banyak surat-surat khususnya surat resmi dan surat dinas menyertakan kop yang diprint di amplop yang dipakai untuk mengirim surat.
Walaupun microsoft word telah menyediakan fitur khusus untuk print amplop, pada kenyataannya banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan fitur ini, sehingga mereka sering memperoleh kesulitan pada saat ingin mencetak tulisan mirip kop surat atau alamat pada keretas amplop.
Padahal jika mereka tahu caranya, untuk mencetak pada keretas amplop, akan sangat cepat sekali dibentuk.
Cara Print kop surat di Amplop memakai microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016
Untuk mencetak kop surat pada amplop memakai ms word sangatlah mudah, terlebih anda tahu model amplop yang digunakan, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:A. Menyiapkan Dokumen.
Langkah pertama sebelum mampu menciptakan kop surat untuk di cetak di belakang amplop menggunakan ms word yakni menyiaokan dokumen untuk pengerjaan kop surat untuk amplop.Langkah-langkahnya adalah selaku berikut:
1. Ukur amplop anda menggunakan mistar
Langkah pertama jikalau anda tidak mengenali versi amplop yang hendak anda gunakan, maka anda harus mengukur amplop tersebut menggunakan mistar untuk mengenali panjang dan tingginya, setelah itu catat hasil pengukuran.Silahkan baca: Mengenal ukuran amplop yang terdapat di indonesia.
2. Buat format Amplop di microsoft word
Langkah kedua sehabis anda mengenali ukuran amplop yang anda pakai yakni membuat format untuk keretas amplop di microsoft word.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Buka dokumen ms word (bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016) sama saja alasannya tidak terlalu berlawanan.
b. Pada ms word, pilih menu Mailings > Enploves
c. Pada obrolan Envlopes dan Labels tekan tombol Options... untuk memilih ukuran format amplop yang digunakan
d. Lalu pada dialog Enploves Options.. yang muncul, di bagian Enplope size:silahkan pilih versi ukuran yang tersedia, bila anda tidak tahu, anda bisa menentukan Opsi Custom size... di bagian bawah untuk memilih sendiri berapa ukuran panjang dan tingginya.
e. Jika telah dipilih, tekan saja tombol OK.
f. Lalu pada dialog Envlopes & Labels..., tekan tombol Add to Document,
Maka format dokumen untuk membuat kop surat atau teks pada amplop pun akan tampil, seperti terlihat pada gambar berikut:
Akan muncul 2 kertas/lembar dokumen, kosong yang pertama untuk amplop lengkap dengan layoutnya yang siap dimofikasi dan yang kedua untuk lembar suratnya.
B. Membuat Kop surat amplop pada dokumen amplop di microsoft word
Langkah kedua sehabis anda mempersiapkan dokumen untuk menciptakan kop surat yang akan dicetak di amplop yaitu membuat kop surat dan keterangan lainnya pada dokumen amplop tersebut.Langkah-langkahnya yakni selaku berikut:
Pada lembar amplop yang telah anda buat di dokumen ms word, silahkan buat kop surat, atau anda mampu copy paste kop surat dari dokumen ms word lain di area atas dokumen amplop bila sebelumnya sudah pernah buat kop surat.
Untuk membuat kop surat diamplop caranya sama dengan artikel yang pernah saya buat sebelumnya, anda mampu baca:
Selain kop anda juga mampu menambahkan isu yang lain pada lembar amplop jikalau memang diperlukan, silahkan tambahkan saja sampai format amplop telah lengkap.
C. Print / Cetak Kop Surat di amplop
Langkah ke 3 setelah anda membuat format amplop dan membuat kop surat pada lembar dokumen untuk amplop, selanjutnya ialah mencetak kop surat pada amplop.Yang sering menjadi urusan pada dikala print kop surat khususnya untuk pemula adalah posisi kertas amplop, apakah landscape atau portrait, mana bab tampang dan mana bab belakang.
Memang posisi amplop saat diprint perlu diperhatikan, alasannya adalah kalau salah posisi, maka balasannya pun akan berantakan.
Posisi Amplop Saat diprint
Posisi kop surat ketika diprint akan sungguh tergantung pada pengaturan printer yang digunakan. untuk mengetahui bagaimana penempatan posisi amplop langkahnya selaku berikut:a. Pilih sajian Mailings > Envelopes
b. Kemudian pada dialog envelopes & labels tekan tombol Options...
Pada dialog Envelope Options yang timbul, untuk Feed Method, silahkan pilih cara peletakan amplop yang tersedia.
Tidak semua opsi cocok, lazimnya akan menyesuaikan dengan pengaturan printer yang digunakan untuk mencetak amplop.
Pilih salah satu Feed method hingga timbul informasi di bawahnya:
Word recommends feeding envelopes as shown above...........Tata cara peletakan amplop pada printer harus menyesuaikan dengan pengaturan di atas.
Setelah itu silahkan coba untuk meletakan amplop pada printer sesuai dengan gambar feed method yang diseleksi, jika salah anda mampu coba dan coba hingga menciptakan hasil cetakan amplop yang benar dan rapih.
Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Tags:
Ms. Word