Tutorial wacana cara membuat dan membuka file workbook Excel 2016. Merupakan bagian dari tutorial Excel Level 1, sehabis memahami cara membuka aplikasi Excel dan mengenal kegunaan bebearpa komponen dalam interface Excel lainnya.
File Excel disebut buku kerja (workbook). Kapan pun Anda memulai sebuah proyek gres di Excel, Anda mesti menciptakan file buku kerja gres. Ada beberapa cara untuk mulai melaksanakan buku kerja di Excel 2016. Anda mampu menentukan untuk menciptakan buku kerja baru. Baik dengan buku kerja kosong atau template yang telah diputuskan sebelumnya, atau membuka buku kerja yang telah ada.
File Excel disebut buku kerja (workbook). Kapan pun Anda memulai sebuah proyek gres di Excel, Anda mesti menciptakan file buku kerja gres. Ada beberapa cara untuk mulai melaksanakan buku kerja di Excel 2016. Anda mampu menentukan untuk menciptakan buku kerja baru. Baik dengan buku kerja kosong atau template yang telah diputuskan sebelumnya, atau membuka buku kerja yang telah ada.
Cara membuat buku kerja kosong (workbook) baru
- Pilih tab File. Backstage view akan muncul.
Membuat file baru Excel 2016 - Pilih New, lalu klik Blank workbook.
- Buku kerja kosong gres akan timbul.
Cara membuka buku kerja yang telah ada
Selain menciptakan buku kerja gres, Anda sering perlu membuka buku kerja (file) yang sebelumnya sudah disimpan.- Arahkan ke performa Backstage, kemudian klik Open.
- Pilih This PC, lihat di sebelah kanan. Jika tidak file yang dimaksud didapatkan atau klik Browse untuk pencarian lebih lanjut.
Membuka file Excel 2016 - Kotak obrolan Open akan muncul. Cari dan pilih buku kerja Anda, lalu klik Open.
Kotak dialog Open Excel 2016
TIP: Jika Anda telah membuka buku kerja yang diharapkan gres-gres ini, Anda dapat menelusuri Recent Workbook dibandingkan dengan mencari file.
Menanggalkan (pin) buku kerja
Jika Anda sering melakukan pekerjaan dengan buku kerja yang sama, Anda mampu memasukkannya ke penampilan Backstage untuk saluran cepat.- Arahkan ke tampilan Backstage dan lalu klik Open. Buku kerja yang baru saja diedit (Recent) akan timbul.
- Arahkan mouse ke buku kerja yang ingin Anda pin. Ikon pushpin (paku payung) akan muncul di sebelah buku kerja. Klik ikon pushpin.
Pin recent workbook Excel 2016 - Buku kerja akan tinggal (pin) di Buku Kerja Terbaru. Untuk melepas (unpin) buku kerja, cukup klik ikon pushpin lagi.
TIP: Anda juga mampu mem-pin folder ke tampilan Backstage untuk terusan cepat. Dari performa Backstage, klik Open, kemudian cari folder yang ingin Anda pin dan klik ikon pushpin.
Apa mode kompatibilitas (compatibility mode)
Terkadang Anda mungkin perlu bekerja dengan buku kerja yang dibentuk di model Microsoft Excel sebelumnya, mirip Excel 2003 atau Excel 2000. Saat Anda membuka buku kerja jenis ini, mereka akan muncul dalam mode Kompatibilitas (compatibility mode).Compatibility Mode |
Mode kompatibilitas menonaktifkan fitur tertentu, jadi Anda hanya bisa mengakses perintah yang didapatkan dalam acara yang dipakai untuk menciptakan buku kerja. Misalnya, bila Anda membuka buku kerja yang dibuat di Excel 2003, Anda hanya mampu memakai tab dan perintah yang ditemukan di Excel 2003.
Untuk keluar dari mode Kompatibilitas, Anda mesti mengonversi buku kerja ke jenis versi saat ini. Namun, kalau Anda berkolaborasi dengan orang lain yang cuma memiliki susukan ke model Excel sebelumnya, seharusnya biarkan buku kerja dalam mode Kompatibilitas sehingga format tidak akan berubah.
Cara mengubah buku kerja (file workbook)
Jika Anda ingin mengakses semua fitur Excel 2013, Anda dapat mengganti buku kerja ke format file 2013.Perhatian, bahwa mengganti file mampu menyebabkan beberapa pergantian pada tata letak orisinil buku kerja.
- Klik tab File untuk mengakses Backstage view.
- Bagian Info, cari dan pilih perintah Convert.
Convert file compatibility mode ke Excel 2016 - Kotak obrolan Save As akan timbul. Pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan buku kerja, masukkan nama file untuk penyajian, dan klik Save.
- Buku kerja akan dikonversi ke jenis file modern.
Coba sendiri!
- Buat buku kerja kosong gres.
- Buka buku kerja yang ada dari komputer Anda.
- Pin folder ke Backstage view.
Sumber rujukan:
Excel help - Office Support
Mount Allison University