Agar mampu memakai rumus formula fungsi "If" di Microsoft Office Excel, semestinya kita ketahui dan terlebih dulu mengenal formula fungsi "If" tersebut. Manfaat formula ini untuk membuat rumus otomatis pada sel tertentu. Tujuannya ialah mempermudah pekerjaan tabel data secara otomatis.
Fungsi "IF" berkhasiat untuk menciptakan suatu pernyataan nalar. Pada prinsipnnya pernyataan fungsi if MS Excel tersebut memiliki rumus sebagai berikut:
Cara menjalankan penilaian di MS Excel ini, operator computer mampu menggunakan rumus formula fungsi if. Langkah pengaturannya, selaku berikut:
Logika yang digunakan mirip ini: 'Jika nilai siswa lebih dari 60 memiliki arti siswa lulus, namun jikalau kurang maka tidak lulus'.
Semoga bermanfaat.Selamat mencoba.
Sumber rujukan: https://support.office.com/
Sumber https://www.operatorcomputer.com/
Fungsi "IF" berkhasiat untuk menciptakan suatu pernyataan nalar. Pada prinsipnnya pernyataan fungsi if MS Excel tersebut memiliki rumus sebagai berikut:
Pernyataan, nilai kalau benar, nilai jika salah. Contoh: Jika pernyataan bernilai X, maka benar. Jika bukan X, maka salah.
Contoh Menggunakan Fungsi "If" di Excel
Misalkan, penilaian hasil ujian siswa pada suatu mata pelajaran. Kita memilih batas limit terkecil nilai untuk kelulusan siswa ialah 60. Jika ada siswa yang nilainya kurang dari 60 maka tidak lulus.Cara menjalankan penilaian di MS Excel ini, operator computer mampu menggunakan rumus formula fungsi if. Langkah pengaturannya, selaku berikut:
Buatlah tabel daftar nilai siswa
Pertama, menciptakan tabel daftar nama siswa berisikan nilai yang diraih oleh masing-masing. Sebagai teladan, tabel terdiri dari kolom nomor, nama, jumlah nilai, dan keterangan. Pada kolom informasi kita akan mengisi dengan pernyataan 'lulus' atau 'tidak lulus'.Logika yang digunakan mirip ini: 'Jika nilai siswa lebih dari 60 memiliki arti siswa lulus, namun jikalau kurang maka tidak lulus'.
Contoh tabel daftar bilai siswa |
Mengatur formula fungsi If pada tabel
- Rumus formula Fungsi If akan dipakai di cell D2 sampai dengan D9. Letakkan kursor di cell D2. Kemudian klik hidangan Insert, pilih Function... (fx).
- Selanjutnya akan tampil kota dialog Insert Function. Pada kotak Select a Function:, pilih IF kemudian klik OK.
- Muncullah kotak obrolan Function Arguments. Disini, kita bisa mengargumentasikan fungsi logika yang hendak dibuat. Secara default kursor akan berada di kotak isian Logical_test. Klik cell C2 atau mampu juga diketik langsung di kotak isian Logical_test tersebut C2. Selanjutnya ketik tanda lebih dari dan angka 60 (">60"). Kaprikornus jadinya "C2>60". Maksudnya yakni sebuah pernyataan "Jika C2 lebih dari 60".
- Pindahkan kursor atau tekan tombol Tab untuk berpindah ke kotak di bawahnya. Yaitu kotak isian Value_if_true:, ketik dengan kata "LULUS". Selanjutnya tekan tombol Tab atau klik di kotak isian dibawahnya lagi. Yaitu di Value_if_false:, ketik kata "TIDAK LULUS".
- Perhatikan kotak Formula Bar yang berada di bab atas. Tertulis =IF(C2>60;"LULUS";"TIDAK LULUS"). Sebenarnya kita bisa pribadi menuliskan rumus tersebut pada kotak Formula Bar dengan rumus tersebut.
- Formula tersebut mampu dibaca sebagai berikut: Jika C2 lebih dari 60 maka tulis "lulus", jikalau tidak (kurang dari enam puluh) maka "tidak lulus".
- Akhiri dengan mengklik tombol OK.
Copy rumus formula fungsi If
Langkah berikutnya. Letakkan kursor di cell D2, lalu klik dan tahan bab ujung bawah kanan cell D2. Terus tahan dan tarik ke bawah sampai ke cell D9. Atau bisa dikerjakan dengan cara meng-copy cell D2 (shortcut Ctrl+C) kemudian paste (shortcut Ctrl+V) di cell D3 hingga dengan D9.Hasil Rumus Formula Fungsi If
Dan lihatlah hasil rumus formula fungsi If di Microsoft Office Excel. Pada column D mulai dari cell D2 sampai D9, secara otomatis memperlihatkan keterangan Lulus atau Tidak Lulus. Pernyataan tersebut, menurut nilai yang berada di kolom Nilai (C), dinyatakan di kolom Keterangan (D).
Coba Anda edit atau ganti angka di kolom C (Jumlah Nilai). Maka informasi di kolom D (Keterangan) akan menyesuaikan dengan rumus formula fungsi If yang telah kita buat tadi.Masih banyak rumus-rumus fungsi Microsoft Office Excel lain yang berguna untuk pekerjaan sehari-hari. Diantara fungsi Average untuk mencari nilai rata-rata, fungsi Round untuk pembulatan, dan lain-lain. Cobalah bereksperimen dengan formula rumus-rumus fungsitersebut. Mungkin rumus-rumus fungsi Microsoft Office Excel tersebut akan iOu! diskusikan pada posting yang hendak tiba.
Semoga bermanfaat.Selamat mencoba.
Sumber rujukan: https://support.office.com/