Ketika menjalankan Excel, di layar yang kita lihat yakni antar paras (interface) jendela buku kerja (workbook).Agar menjadi operator computer yang andal memakai Excel, maka harus mengenal kegunaan masing-masing bagian dalam interface jendela workbook. Kegunaan komponen yang ada di interface workbook berbeda-beda sesuai peruntukaan. Dalam lanjutan panduan Excel Level 1 ini, membicarakan fungsi, pengaturan dan cara menggunakan bagian di interface Excel 2016.
Sebelum memulai mengenal keguaan interface workbook, semestinya mengenali komponen jendela aplikasi Excel. Tutorialnya dibahas dalam postingan mengenal kegunaan interface microsoft excel.
Pengaturan Worksheet atau Lembar Kerja Excel
File Excel disebut workbook atau buku kerja. Setiap buku kerja berisikan satu atau lebih lembar kerja atau worksheet (juga diketahui sebagai "spreadsheet").
Ketika Anda menciptakan buku kerja Excel baru, ini akan berisi satu lembar kerja bernama Sheet1. Lembar kerja ialah kotak kolom dan baris di mana kolom ditandai oleh karakter yang melintang di bagian atas lembar kerja. Dan baris ditandai dengan angka-angka yang mengalir di segi kiri lembar kerja.
Worksheet Excel |
Saat bekerja dengan sejumlah besar data, Anda dapat membuat beberapa lembar kerja (mutiple worksheets). Untuk menolong menyusun buku kerja dan mempermudah memperoleh konten. Anda juga mampu mengelompokkan lembar kerja untuk menambahkan gosip ke beberapa lembar kerja dengan cepat.
Cara mengganti nama lembar kerja Excel
Kapan pun Anda menciptakan buku kerja Excel baru, ini akan berisi satu lembar kerja berjulukan Sheet1. Anda mampu mengganti nama lembar kerja supaya lebih merefleksikan isinya. Dalam acuan kita, kita akan membuat log pembinaan yang diselenggarakan berdasarkan hari.
- Klik kanan lembar kerja yang ingin Anda ganti nama, lalu pilih Rename dari sajian worksheet.
Menu rename worksheet - Ketik nama worksheet yang diinginkan.
Mengganti nama worksheet - Klik di manapun di luar lembar kerja, atau tekan Enter pada keyboard Anda. Lembar kerja akan diganti namanya.
Nama worksheet telah diganti
Cara memasukkan atau menciptakan lembar kerja baru Excel
- Cari dan pilih tombol New sheet.
Tombol + untuk membuat worksheet gres - Lembar kerja baru yang kosong akan timbul.
Tip: Untuk mengganti jumlah kriteria lembar kerja, navigasikan ke penampilan Backstage, klik Options. Lalu pilih jumlah lembar kerja yang diinginkan untuk disertakan di setiap buku kerja yang baru.
Mengubah jumlah persyaratan lembar kerja
Cara meniadakan lembar kerja Excel
- Klik kanan lembar kerja yang ingin Anda hapus, lalu pilih Hapus dari sajian lembar kerja.
Menu rename worksheet - Lembar kerja akan dihapus dari buku kerja Anda.
Alternatif, dari Home Tab di Cells Group klik Delete dan pilih Delete Sheet.
Peringatan: Tombol Undo tidak akan membatalkan pembatalan lembar kerja.
Cara menyalin lembar kerja Excel
Jika Anda perlu menduplikat konten dari satu lembar kerja ke lembar kerja lain, Excel memungkinkan Anda menyalin lembar kerja yang ada.
- Klik kanan lembar kerja yang ingin Anda salin, kemudian pilih Move or Copy dari sajian worksheet.
Menu move or copy worksheet - Kotak obrolan Move or Copy akan timbul. Pilih di mana lembaran itu akan muncul di kolom Before sheet:. Dalam acuan kita, kita akan menentukan (move to end) untuk menempatkan lembar kerja di sebelah kanan lembar kerja yang ada.
- Centang kotak di sebelah Create a copy, kemudian klik OK.
Create a copy worksheet - Lembar kerja akan disalin. Ini akan memiliki judul yang sama seperti lembar kerja asli, serta nomor model.
TIP: Anda juga bisa menyalin lembar kerja ke buku kerja lain yang sedang dibuka berbarengan. Anda mampu menentukan buku kerja yang ketika ini terbuka dari menu drop down To book:.
Copy worksheet ke file lain |
Cara memindahkan lembar kerja
Terkadang Anda mungkin ingin memindahkan lembar kerja untuk mengendalikan ulang buku kerja Anda.
- Pilih lembar kerja yang ingin Anda pindahkan. Kursor akan menjadi ikon worksheet kecil.
Ikon cursor move worksheet - Tahan dan tarik mouse hingga panah hitam kecil timbul di atas lokasi yang diinginkan.
Geser worksheet untuk dipindahkan - Lepaskan mouse. Lembar kerja akan dipindahkan.
Cara mengubah warna lembar kerja
Anda dapat mengganti warna lembar kerja untuk menolong mengatur lembar kerja Anda dan membuat buku kerja Anda lebih gampang dinavigasi.
- Klik kanan lembar kerja yang diinginkan, dan arahkan kursor mouse di atas Tab Color. Menu Color akan timbul.
- Pilih warna yang diinginkan. Tampilan eksklusif dari warna lembar kerja baru akan timbul dikala Anda menenteng mouse ke opsi yang berbeda. Dalam acuan kita, kita akan memilih Blue.
Ubah warna worksheet - Warna lembar kerja akan berubah.
warna worksheet telah diubah |
Silahkan coba sendiri!
- Buka buku kerja Excel yang ada.
- Masukkan lembar kerja gres dan ganti namanya.
- Hapus lembar kerja.
- Pindahkan lembar kerja.
- Salin lembar kerja.
Tombol bergulir atau Scrolling button
Tombol-tombol ini menggulir layar tab lembar satu per satu atau untuk memperlihatkan pengelompokan tab lembar pertama dan terakhir dan berada di sebelah kiri tab lembar.
Scrolling button |
Mengenal kegunaan interface jendela worsheet Excel 2016 ini merupakan rangkaian dari panduan Excel Level 1. Ini masih tahap permulaan, dan terus berkesinambungan pada pembahasan cara menciptakan dan membuka file workbook Excel 2016.
Sumber referensi:
Excel help - Office Support
Mount Allison University