Daftar isi pastinya bukan istilah yang gila di telinga kita, sebab sering kita temukan di buku-buku, dokumen karya ilmiah seperti skripsi, makalah dan dokumen lainnya, daftar isi di dalam dokuman umumnya disuguhkan dalam suatu halaman khusus yang diletakan di paling kiri halaman di lembaran permulaan.
Dulu sebelum era ms word 2000, pembuatan daftar isi cuma bisa dijalankan secara manual, yakni dengan menawarkan halaman khusus untuk daftar isi, mengisi daftar isi secara manual sekaligus dengan nomor halamannya.
Daftar isi pada dokumen sangat penting sekali keberadaannya, fungsinya tidak lain untuk memudahkan pembaca mengenali konten dokumen secara garis besar, juga mampu menolong pembaca memperoleh indek halaman dan juga judul dalam setiap halaman secara gampang tanpa mesti mencarinya satu persatu secara manual.
Format daftar isi pada umumnya memiliki persyaratan khusus, terdiri dari tulisan judul dan sub judul di sebelah kiri, lalu diikuti oleh titik-titik memanjang hingga ujung sebelah kanan, dan di ujung kanan terdapat nomor halaman yang membuktikan letak halaman judul atau sub judul tersebut berada.
Berbicara tentang daftar isi, pada artikel kali ini saya ingin menyuguhkan artikel ihwal bagaimana cara menciptakan daftar isi secara otomatis memakai microsoft word untuk semua versi microsoft word, baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013, ms word 2016 maupun ms word 2019.
Pembuatan daftar isi secara manual mempunyai berbagai kelemahan, selain kita menuliskan judul dan sub judul secara manual satu persatu, kita juga harus mengenali letak nomor halaman untuk setiap judul dan sub judul tersebut diletakan, bahkan kalau terjadi pergantian pada isi dokumen dan adanya perubahan halaman, maka kita juga harus melakukan perbaikan ulang pada daftar isi yang kita buat secara manual.
Tapi untuk ketika ini dengan makin berkembangnya tekonologi aplikasi microsoft word, daftar isi sekarang mampu dibentuk secara otomatis dengan lebih cepat dan gampang, versi microsoft word terbaru dari mulai ms word 2000, ms word 2003,2007,2010,2013,2016 dan hingga model 2019, telah menyediakan fitur khusus untuk membuat daftar isi secara otomatis, dengan fitur tersebut pembuatan daftar isi lebih singkat mudah dan uptodate menyesuaikan dengan isi dokumen yang kita buat.
Petunjuk Membuat daftar Isi Otomatis di MS Word (2007,2010,2013,2016,2019)
Berikut yaitu antisipasi untuk menciptakan daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang mampu anda pakai untuk daftar isi makalah, proposal, skripsi ataupun dokumen lainya.
Persiapan menciptakan daftar isi otomatis yaitu sebagai berikut:
#1. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus menggunakan Format Heading
Persiapan menciptakan daftar isi otomatis yaitu sebagai berikut:
#1. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus menggunakan Format Heading
Judul judul bab dan sub bagian yang ingin timbul pada daftar isi mesti memakai heading 1, 2 3 dst...
Pada umumnya judul-judul yang dibentuk lazimnya menggunakan ukuran font besar lalu ditebalkan (Bold), tapi untuk antisipasi membuat daftar isi otomatis Judul-judul harus disuguhkan memakai heading.
Untuk judul bab memakai format heading 1, dan sub-sub bab menggunakan heading 2 jikalau sub-sub judul mempunyai sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.
Cara supaya text judul dan sub-sub judul menggunakan format heading ialah sebagai berikut:
Pilih goresan pena judul yang ingin diformat lalu blok (seleksi), lalu Tekan menu home, lalu klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, mirip gambar di bawah ini:
Dengan menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.
Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, bila sub judul memiliki sub-sub judul yang lain maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.
#2. Modifikasi format Heading
Heading secara default memiliki warna text biru muda, supaya warna, ukuran sesuai dengan yang kita kehendaki kita harus memodifikasinya apalagi dulu sebelum heading tersebut dipakai untuk format judul dan sub-sub judul.
Caranya pilih menu home, kemudian lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan penyesuaian dahulu format heading-heading yang tersedia biar sesuai dengan yang kita kehendaki.
Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih menu modify, mirip terlihat pada gambar di bawah ini:
Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur semoga heading yang nanti akan kita pakai untuk memformat tulisan sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.
Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,tentukan bahwa judul bagian dan sub-sub judul bagian telah diformat memakai heading1,2,3....
#3. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tetapi mesti tekan tombol shift+enter semoga si text pindah ke baris selanjutnya, karena jika menekan enter saja, maka akan berpengaruh ke daftar isi yang tidak rapi.
Misal aku ingin menciptakan judul BAB I PENDAHULAN, namun aku ingin goresan pena BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini
BAB I
PENDAHULUAN
Biasanya semoga pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (agar anda paham) Langkah-langkah cara menciptakan daftar isi otomatis di MS Word
Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun ajuan), judul bab dan sub-sub judul bab telah memakai format heading. langkah berikutnya ialah menciptakan daftar isi otomatis.
#1. Ingat daftar isi yang dibuat harus didalam dokumen yang serupa, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin menciptakan halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.
#2. Pilih sajian preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih performa daftar isi pada sajian yang tersedia.
Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat seperti ilustrasi gambar di bawah ini (cuma sekedar contoh):
Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda harapkan contohnya Daftar Isi.
Jika terjadi pergantian judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan tulisan dan lain sebagainya, maka setelah tamat dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang telah dibentuk sebelumnya, kemudian tekan tombol Update Table... yang muncul. ini biar daftar isi melakukan pergeseran sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.
Untuk judul bab memakai format heading 1, dan sub-sub bab menggunakan heading 2 jikalau sub-sub judul mempunyai sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.
Cara supaya text judul dan sub-sub judul menggunakan format heading ialah sebagai berikut:
Pilih goresan pena judul yang ingin diformat lalu blok (seleksi), lalu Tekan menu home, lalu klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, mirip gambar di bawah ini:
Dengan menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.
Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, bila sub judul memiliki sub-sub judul yang lain maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.
#2. Modifikasi format Heading
Heading secara default memiliki warna text biru muda, supaya warna, ukuran sesuai dengan yang kita kehendaki kita harus memodifikasinya apalagi dulu sebelum heading tersebut dipakai untuk format judul dan sub-sub judul.
Caranya pilih menu home, kemudian lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan penyesuaian dahulu format heading-heading yang tersedia biar sesuai dengan yang kita kehendaki.
Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih menu modify, mirip terlihat pada gambar di bawah ini:
Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur semoga heading yang nanti akan kita pakai untuk memformat tulisan sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.
Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,tentukan bahwa judul bagian dan sub-sub judul bagian telah diformat memakai heading1,2,3....
#3. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tetapi mesti tekan tombol shift+enter semoga si text pindah ke baris selanjutnya, karena jika menekan enter saja, maka akan berpengaruh ke daftar isi yang tidak rapi.
Misal aku ingin menciptakan judul BAB I PENDAHULAN, namun aku ingin goresan pena BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini
BAB I
PENDAHULUAN
Biasanya semoga pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (agar anda paham)
Langkah-langkah cara menciptakan daftar isi otomatis di MS Word
Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun ajuan), judul bab dan sub-sub judul bab telah memakai format heading. langkah berikutnya ialah menciptakan daftar isi otomatis.#1. Ingat daftar isi yang dibuat harus didalam dokumen yang serupa, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin menciptakan halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.
#2. Pilih sajian preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih performa daftar isi pada sajian yang tersedia.
Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat seperti ilustrasi gambar di bawah ini (cuma sekedar contoh):
Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda harapkan contohnya Daftar Isi.
Jika terjadi pergantian judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan tulisan dan lain sebagainya, maka setelah tamat dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang telah dibentuk sebelumnya, kemudian tekan tombol Update Table... yang muncul. ini biar daftar isi melakukan pergeseran sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.
Itulah cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word baik microsoft word 2007,2010,2013,2016,2019, tidak terlalu berlainan, agar berfaedah.
Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Tags:
Ms. Word