Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup - Pada kesempatan kali ini Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup. Pada bimbingan ini, akan membuat suatu pola soal sederhana yang sangat mudah untuk diketahui, sehingga memungkinkan sahabat lebih mudah dalam mempelajarinya. Rumus Vlookup dan Hlookup tergolong rumus yang rumit, namun dengan panduan yang Buat ini, saya percaya teman dapat menguasainya.
Rumus Fungsi VLOOKUP berfungsi untuk memperlihatkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Adapun bentuk dari penulisan fungsi vlookup yaitu =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) cara membacanya adalah =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak tabel, nomor kolom).
Sedangkan untuk rumus fungsi HLOOKUP berguna untuk memperlihatkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Adapun Bentuk penulisan fungsi hlookup yaitu =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau cara membacanya =HLOOKUP(nilai kunci, letak tabel, nomor baris).
Supaya sahabat lebih mampu mengerti berikut berikut adalah Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup :
Langkah Pertama Bukalah lembar kerja gres Ms. Office Excel kemudian buatlah soal sama persis seperti di bawah ini:
pola soal vlookup dan hlookup |
Untuk menjawab soal di atas, yang harus sobat kerjakan yakni mengisi pada kolom Menghitung Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi, Total Gaji, Pajak, Gaji Bersih dan Total.
Cara Mengerjakan :
1. Cara Menghitung Gaji pokok
Dalam mengkalkulasikan gaji pokok sobat mesti memakai fungsi VLOOKUP di sel D6. Setelah sahabat mengisi rumus formula pada sel D5, kini copy formula atau bisa dengan drag sampai sel D10. Untuk bentuk penulisan rumus fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yakni, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang harus sobat ketahui dan pahami lookup_value diisi dengan nilai selaku dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun secara vertikal yang berguna untuk tabel bantu yang hendak dibaca dengan rumus. Col_index_num yaitu nomor urut kolom untuk membaca tabel yang dimulai kolom sebelah kiri.
Perhatian!!!! Karena “Tabel Gaji” yang mau dibaca posisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat mengcopy formula atau drag, harus disertakan $, yaitu untuk mengabsolutkan sel/range (Silahkan gunakan tombol F4 atau ketik secara manual untuk $). Untuk acuan silahkan ketahui gambar di bawah ini:
2. Cara Menghitung Tunjangan
Dalam mengkalkulasikan pada kolom Tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E6. Dan Setelah Selesai mula di sel E6, copy formula / drag hingga sel E10, untk proses menulis formulanya silahkan simak gambar di bawah ini :
3. Cara Menghitung Transportasi
Silahkan tulis rumus fungsi VLOOKUP di sel F6. dan sehabis tamat mengisi formula di sel F6, copy formula atau drag sampai sel F10. Untuk prosesnya silahkan simak gambar berikut ini:
4. Cara Menghitung Total Gaji
Dalam menjumlah Total Gaji gunakan fungsi SUM di sel G6, penulisan rumusnya =SUM(D6:F6). Setelah final mengisi rumus formula di sel G6, copy formula atau drag sampai sel G10. Atau mampu juga dengan eksklusif menjumlahkannya di sel G6 menjadi dengan pernjumlahan aritmatika sederhana =D5+E5+F5, lalu copy ke bawah. Untuk prosesnya silahkan lihat gambar berikut ini.
5. Cara Menghitung Pajak
Dalam mengkalkulasikan pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H6, setelah selesai mengisi formula di sel H6, silahkan copy formula atau drag sampai sel H10. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
6. Menghitung Gaji Bersih
Dalam menjumlah Gaji Bersih, silahkan gunakan rumus SUM di sel i6, bentunya seperti ini=SUM(G6-H6), copy formula atau drag sampai sel I10. Atau teman juga bisa memakai rumus aritmatika sederhana yaitu =G5-H5, lalu copy atau drag ke bawah sampai sel I10. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
7. Cara Menghitung Total
Dalam mengkalkulasikan “Total” masing-masing bab yang sudah teman kerjakan sebelumnya, dengan memakai fungsi SUM di sel D11 adalah =SUM (D6:D10), copy formula atau drag ke samping kanan hingga ke I11. Untuk hasil selesai dari soal ini, lihat gambar berikut.
Dalam mengkalkulasikan “Total” masing-masing bab yang sudah teman kerjakan sebelumnya, dengan memakai fungsi SUM di sel D11 adalah =SUM (D6:D10), copy formula atau drag ke samping kanan hingga ke I11. Untuk hasil selesai dari soal ini, lihat gambar berikut.