Excel menyediakan aneka macam rumus untuk menjalankan data dalam tabel. Bahkan banyak menemui rumus yang sebelumnya tidak pernah mengetahuinya. Berdasarkan pengalaman, hanya beberapa rumus saja yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Tidak jauh-jauh dari penjumlahan, penghematan, perkalian, pembagian, nilai-rata-rata, pernyataan akal dan lain-lain.
Dari beberapa rumus tersebut, mungkin ada 6 (enam) jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 dan versi lainnya. Pengerjaan rumus, dari setiap model Excel tidak jauh berlainan, bahkan bisa disimpulkan tidak berubah. Jadi mengerti rumus Excel dari model berapapun, akan dapat dipraktekkan di nyaris semua model.
Berikut ini adalah 6 jenis rumus formula Microsoft Office Excel yang wajib dikenali oleh operator computer :
Formula SUM melakukan perssis mirip yang Anda inginkan. Memungkinkan Anda untuk menambahkan 2 atau lebih angka bersamaan. Anda juga dapat menggunakan referensi sel dalam rumus ini.
Untuk lebih memahami ihwal rumus formula SUM juga mampu disertai dari pembahasan ihwal rumus formula sederhana dan rumus formula kompleks.
Formula count menjumlah jumlah sel dalam rentang yang mempunyai angka di dalamnya.
Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang. Akan mengkalkulasikan sel yang memiliki angka dan/ atau abjad lain di dalamnya.
Formula COUNTA melakukan pekerjaan dengan semua tipe data.
Berbeda dengan COUNT, COUNTA ini menjumlah jumlah sel yang tidak kosong, tidak menghiraukan jenis datanya.
Formula LEN menjumlah jumlah abjad dalam sel. Termasuk spasi!
Perhatikan perbedaan dalam hasil rumus: 10 aksara tanpa spasi di antara kata-kata, 12 dengan spasi di antara kata-kata.
Pada dasarnya, VLOOKUP memungkinkan Anda mencari berita spesifik di spreadsheet Anda. Misalnya, jikalau Anda memiliki daftar harga produk, Anda mampu mencari harga barang tertentu.
Kita akan menggunakan VLOOKUP untuk menemukan harga Penggaris. Anda mungkin telah melihat bahwa harganya Rp 11,000.00, namun itu alasannya adalah ini ialah pola sederhana. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan VLOOKUP, Anda akan dapat menggunakannya dengan spreadsheet yang lebih besar dan lebih rumit, dan ketika itulah akan sungguh berkhasiat.
Seperti halnya rumus apa pun, Anda akan mulai dengan tanda yang sama (=). Kemudian, ketikkan nama formula.
= VLOOKUP ("Penggaris"
Argumen kedua adalah rentang sel yang berisi data. Dalam contoh ini, data kami dalam B2: C11. Seperti halnya fungsi apa pun, Anda mesti menggunakan koma untuk memisahkan setiap argumen:
= VLOOKUP ("Penggaris", B2: C11
Catatan: Penting untuk dikenali bahwa VLOOKUP akan senantiasa mencari kolom pertama dalam rentang ini. Dalam contoh ini, akan mencari kolom B untuk "Penggaris". Dalam beberapa perkara, Anda mungkin perlu memindahkan kolom di sekitar sehingga kolom pertama berisi data yang benar. Itulah alasannya adalah, mengapa dalam teladan sel A tidak dimasukkan ke formula (cuma B dan C saja).
Argumen ketiga yaitu nomor indeks kolom. Ini lebih sederhana ketimbang kedengarannya: Kolom pertama dalam rentang ialah 1, kolom kedua ialah 2, dll. Dalam masalah ini, kita menjajal mencari harga barang, dan harga tercantum di kolom kedua. Itu mempunyai arti argumen ketiga ialah 2:
= VLOOKUP ("Penggaris", C2: C11, 2
Argumen keempat memberi tahu VLOOKUP apakah akan mencari pertarungan yang cocok, dan itu mampu berupa TRUE atau FALSE. Jika TRUE, itu akan mencari kecocokan perkiraan. Umumnya, ini cuma berkhasiat jika kolom pertama mempunyai nilai numerik yang sudah disortir. Karena kimi cuma mencari pencocokan sempurna, argumen keempat harus FALSE. Ini adalah argumen terakhir, jadi lanjutkan dan tutup tanda kurung:
= VLOOKUP ("Bingkai foto", A2: B16, 2, FALSE)
Lihatlah! Ketika Anda menekan enter, akan memberi Anda jawabannya, yaitu Rp 11,000.00.
Contoh:
Katakanlah pedagang memiliki kuota untuk dipenuhi. Anda memakai VLOOKUP untuk menempatkan pendapatan di samping nama. Sekarang Anda mampu memakai pernyataan IF yang menyampaikan: "IKA penjual itu menyanggupi kuota mereka, katakan"Mencapai Target", jika tidak mengatakan" Tidak Mencapati Target"
= IF (C3> D3, “Mencapai Target”, “Tidak Mencapai Target”)
Pernyataan IF ini akan memberitahu kami kalau pedagang pertama menyanggupi kuota mereka atau tidak.
Ketika menyalin dan melekat rumus ini di sepanjang semua entri dalam daftar, rumus akan berganti untuk setiap orang penjualan.
Sebagai acuan Anda dalam menggunakan fungsi If dapat dibarengi juga pada contoh menggunakan fungsi "IF" sederhana pada tabel kelulusan siswa di MS Excel.
Dengan mengerti 6 jenis rumus formula Excel ini, cukup untuk mendukung pekerjaan regular perkantoran. Namun demikian, ada baiknya juga Anda tetap mengeksplorasi dan mempelajari rumus formula lainnya. Mungkin sebuah ketika akan bermanfaat. Yang terpenting, fahami dan terus banyak berlatih agar tidak gampang lupa.
Artikel perihal 6 jenis rumus formula yang wajib dikenali di Excel 2016 ini ialah rangkaian dari Tutorial Microsoft Office Excel 2016 Level 1. Untuk tutorial selanjutnya wacana bagaimana cara bekerja dengan data. Akan membicarakan cara membagi tampilan worksheet, menyortir data, memfilter data, dan lain-lain. Agar berkesinambungan, inilah rangkaian posting artikel panduan sebelumnya.
Sumber https://www.operatorcomputer.com/
Dari beberapa rumus tersebut, mungkin ada 6 (enam) jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 dan versi lainnya. Pengerjaan rumus, dari setiap model Excel tidak jauh berlainan, bahkan bisa disimpulkan tidak berubah. Jadi mengerti rumus Excel dari model berapapun, akan dapat dipraktekkan di nyaris semua model.
Berikut ini adalah 6 jenis rumus formula Microsoft Office Excel yang wajib dikenali oleh operator computer :
6 Jenis Rumus Formula Microsoft Office Excel
1. SUM
Formula: = SUM (5, 5) atau = SUM (A1, B1) atau = SUM (A1: B5)Formula SUM melakukan perssis mirip yang Anda inginkan. Memungkinkan Anda untuk menambahkan 2 atau lebih angka bersamaan. Anda juga dapat menggunakan referensi sel dalam rumus ini.
Untuk lebih memahami ihwal rumus formula SUM juga mampu disertai dari pembahasan ihwal rumus formula sederhana dan rumus formula kompleks.
2. COUNT
Formula: = COUNT (A1: A8)Formula count menjumlah jumlah sel dalam rentang yang mempunyai angka di dalamnya.
COUNT hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka |
Tip: Rumus formula COUNT hanya menjumlah sel di mana ada angkanya.
3. COUNTA
Formula: = COUNTA (A1: A8)Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang. Akan mengkalkulasikan sel yang memiliki angka dan/ atau abjad lain di dalamnya.
Formula COUNTA melakukan pekerjaan dengan semua tipe data.
Berbeda dengan COUNT, COUNTA ini menjumlah jumlah sel yang tidak kosong, tidak menghiraukan jenis datanya.
COUNTA mengkalkulasikan jumlah semua sel tidak kosong |
Tip: Rumus formula COUNTA menghitung sel yang tidak kosong termasuk angka dan abjad.
4. LEN
Formula: = LEN (A1)Formula LEN menjumlah jumlah abjad dalam sel. Termasuk spasi!
Perhatikan perbedaan dalam hasil rumus: 10 aksara tanpa spasi di antara kata-kata, 12 dengan spasi di antara kata-kata.
LEN menjumlah jumlah abjad dalam sel berikut spasi |
5. VLOOKUP
Formula: = VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)Pada dasarnya, VLOOKUP memungkinkan Anda mencari berita spesifik di spreadsheet Anda. Misalnya, jikalau Anda memiliki daftar harga produk, Anda mampu mencari harga barang tertentu.
Kita akan menggunakan VLOOKUP untuk menemukan harga Penggaris. Anda mungkin telah melihat bahwa harganya Rp 11,000.00, namun itu alasannya adalah ini ialah pola sederhana. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan VLOOKUP, Anda akan dapat menggunakannya dengan spreadsheet yang lebih besar dan lebih rumit, dan ketika itulah akan sungguh berkhasiat.
Contoh VLOOKUP mencari harga Penggaris dalam tabel harga barang |
= VLOOKUP ("Penggaris"
Argumen kedua adalah rentang sel yang berisi data. Dalam contoh ini, data kami dalam B2: C11. Seperti halnya fungsi apa pun, Anda mesti menggunakan koma untuk memisahkan setiap argumen:
= VLOOKUP ("Penggaris", B2: C11
Catatan: Penting untuk dikenali bahwa VLOOKUP akan senantiasa mencari kolom pertama dalam rentang ini. Dalam contoh ini, akan mencari kolom B untuk "Penggaris". Dalam beberapa perkara, Anda mungkin perlu memindahkan kolom di sekitar sehingga kolom pertama berisi data yang benar. Itulah alasannya adalah, mengapa dalam teladan sel A tidak dimasukkan ke formula (cuma B dan C saja).
Argumen ketiga yaitu nomor indeks kolom. Ini lebih sederhana ketimbang kedengarannya: Kolom pertama dalam rentang ialah 1, kolom kedua ialah 2, dll. Dalam masalah ini, kita menjajal mencari harga barang, dan harga tercantum di kolom kedua. Itu mempunyai arti argumen ketiga ialah 2:
= VLOOKUP ("Penggaris", C2: C11, 2
Argumen keempat memberi tahu VLOOKUP apakah akan mencari pertarungan yang cocok, dan itu mampu berupa TRUE atau FALSE. Jika TRUE, itu akan mencari kecocokan perkiraan. Umumnya, ini cuma berkhasiat jika kolom pertama mempunyai nilai numerik yang sudah disortir. Karena kimi cuma mencari pencocokan sempurna, argumen keempat harus FALSE. Ini adalah argumen terakhir, jadi lanjutkan dan tutup tanda kurung:
= VLOOKUP ("Bingkai foto", A2: B16, 2, FALSE)
Lihatlah! Ketika Anda menekan enter, akan memberi Anda jawabannya, yaitu Rp 11,000.00.
6. Pernyataan If
Formula: = IF (logical_statement, kembalikan ini jika pernyataan logis benar, kembalikan ini kalau pernyataan logis salah).Contoh:
Katakanlah pedagang memiliki kuota untuk dipenuhi. Anda memakai VLOOKUP untuk menempatkan pendapatan di samping nama. Sekarang Anda mampu memakai pernyataan IF yang menyampaikan: "IKA penjual itu menyanggupi kuota mereka, katakan"Mencapai Target", jika tidak mengatakan" Tidak Mencapati Target"
= IF (C3> D3, “Mencapai Target”, “Tidak Mencapai Target”)
Pernyataan IF ini akan memberitahu kami kalau pedagang pertama menyanggupi kuota mereka atau tidak.
Ketika menyalin dan melekat rumus ini di sepanjang semua entri dalam daftar, rumus akan berganti untuk setiap orang penjualan.
Contoh rumus formula IF dalam tabel sasaran pemasaran |
Dengan mengerti 6 jenis rumus formula Excel ini, cukup untuk mendukung pekerjaan regular perkantoran. Namun demikian, ada baiknya juga Anda tetap mengeksplorasi dan mempelajari rumus formula lainnya. Mungkin sebuah ketika akan bermanfaat. Yang terpenting, fahami dan terus banyak berlatih agar tidak gampang lupa.
Artikel perihal 6 jenis rumus formula yang wajib dikenali di Excel 2016 ini ialah rangkaian dari Tutorial Microsoft Office Excel 2016 Level 1. Untuk tutorial selanjutnya wacana bagaimana cara bekerja dengan data. Akan membicarakan cara membagi tampilan worksheet, menyortir data, memfilter data, dan lain-lain. Agar berkesinambungan, inilah rangkaian posting artikel panduan sebelumnya.
- Membuka dan Memulai Microsoft Excel 2016
- Mengenal Kegunaan Interface Microsoft Office Excel
- Mengenal Kegunaan Interface Jendela Workbook Excel 2016
- Cara Membuat dan Membuka File Workbook Excel
- Cara Menyimpan dan Berbagi File Workbook Excel 2016
- Apa Yang Disebut Sel (Cell) Di Excel 2016
- Cara Menyesuaikan Tampilan Tabel Menggunakan Format Sel (Cell) Excel 2016
- Cara Memodifikasi Kolom, Baris dan Sel Excel 2016
- Cara Menghitung Dengan Menggunakan Rumus Sederhana Excel 2016
- Cara Menghitung Dengan Formula Kompleks Dan Menyalin Rumus Di Excel 2016
- Cara Menghitung Dengan Rumus Fungsi di Excel 2016
Referensi: