Fungsi Hlookup Vlookup Ms Excel:Step By Step

Fungsi HLookup VLookup ialah salah satu formula microsoft excel yang sering digunakan dikala kita berinteaksi dengan ms excel, fungsi HLookup VLookup secara sederhana boleh kita katakan sebuah fungsi untuk melaksanakan penelusuran pada table yang berisi data tertentu dengan tujuan untuk menerima data yang kita harapkan pada table tersebut. sesungguhnya baik HLookup maupun VLookup dua-duanya yaitu identik namun perbedaannya terletak pada referensi table yang  dipakai untuk pencarian. bila kita memakai fungsi VLookup mempunyai arti table yang dijadikan pencarian mesti disajikan dalam bentuk vertikal, sedangkan jika kita menggunakan formula HLookup, maka table sumber pencarian mesti kita suguhkan dalam bentuk table horizontal, namun walaupun rumus tersebut berbeda fungsinya tetap saja sama yakni untuk melaksanakan pencarian pada table yang berisi data tertentu.

Untuk Kasus mirip apa Formula HLookup VLookup kita gunakan?

Untuk sebagian pemula yang gres mengenal ms excel, barangkali akan banyak pertanyaan mengenai fungsi yang satu ini, kapan kita mesti menggunakan Fungsi ini ? atau untuk kasus mirip apa fungsi HLookup VLookup ini kita gunakan?, mudah saja kita menggunakan fungsi Hlookup VLookup jikalau kita sudah tau penggunaanyaa, sebetulnya fungsi ini digunakan dikala kita harus mengisi data dalam ms excel namun ada ketentuan-ketentuan atau syarat yang harus kita tempuh terlebih dulu, untuk mengisinya.

selaku teladan:
dalam suatu perusahaan untuk mengisi honor pokok pegawai, ada syarat-syarat yang mesti ditempuh, misalkan besarnya gaji pokok pegawai tergantung dari golongan pengawai tersebut, misal syaratnya adalah sebagai berikut:

a. Jika pegawai tersebut golongannya yakni I maka gajinya 1000.000

b. Jika golongannya II maka 2.000.000 dan

c. Jika golongannya III maka 3.000.000

nah untuk kasusu seperti itu, salah satu alternatif yang bisa kita gunakan ialah dengan fungsi HLookup VLookup, mampu saja kita isi tanpa menggunakan formula dengan mengisinya secara pribadi, itu juga kalo data pegawainya sedikit, kalo data pegawainya sudah ratusan barangkali kurang efektif kalo kita mengisinya satu persatu dengan melihat golongan masing-masing pegawai dengan jumlah yang banyak, tentunya akan memakan waktu yang usang.

Perlu dicatat penggunaan fungsi HlookupVlooup cuma untuk kasus dimana syarat-syaratnya sederhana, seperti pola diatas, namun kalau syaratnya sudah melibatkan lebih besar atau lebih kecil seperti pola masalah dibawah ini: itu tidak bisa menggunakan fungsi halookup vlookup:

Sebagai contoh, syarat berikut tidak bisa menggunakan fungsi HLooup Vlookup secara langsung karen syaratnya sudah melibatkan tanda tanda >,<,>=,<=, AND dll
pola kasus:
Misal untuk mengisi data kelulusan siswa ada syarat atau ketentuan yang harus kita tempuh syaratnya yaitu selaku berikut:
1. Jika nilai < dari 60 maka "tidak lulus"
2. Jika nilai >60 dan nilai <80 maka "Lulus dengan syarat"
3. jika nilai >=80 maka "lulus memuaskan"

jikalau data excel yang mesti kita isi terdapat syarat-syarat diatas, kita tidak bisa menggunakan fungsi HLookup VLookup sebab cukup komplek, data tersebut masih bisa kita pecahkan dengan alternatif formula microsoft excel lainnya yang paling cocok untuk memecahkan dilema seperti itu kita harus menggunakan rumus IF, barangkali di artikel lainnya akan dibahas.

Ciri Table Vertical dan Table Horizontal



Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama