Cara Menyembunyikan Baris (Rows) Atau Kolom (Columns) Ms Excel

Untuk beberapa perkara kadang-kadang beberapa baris (rows) atau kolom (cols) di lembar kerja microsoft excel perlu disembunyikan, untungnya ms excel lengkap sekali dengan aneka macam fitur dan sangat gampang sekali digunakan tergolong cara menyembunyikan sebagian baris atau column.

Untuk menyembunyikan sebagian baris atau kolom di ms excel bergotong-royong sangat gampang sekali, tapi sayangnya banyak pengguna ms excel terutayang gres mengenal masih belum tau tentang caranya, bahkan kadang kala untuk beberapa pengguna yang telah mengenal pun pada prakteknya cuma tau cara yang tergolong tidak simpel.

Untuk menyembunyikan kolom atau baris ms excel ada 2 cara, yang pertama satu per satu dan cara yang kedua secara sekaligus, yang paling prakis dan cepat yaitu cara ke 2 secara sekaligus.

Untuk anda yang belum mengenali cara menyembunyikan atau hidden baris maupun beberapa kolom pada lembar kerja ms excel anda bisa mengikuti cara yang saya uraikan di bawah ini.

Cara Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel

Berikut cara yang mampu anda pakai untuk menyembunyikan / hide sebagian baris atau kolom pada lembar kerja ms excel:

1. Menyembunyikan column atau Kolom MS Excel

Untuk menyembunyikan satu atau beberapa kolom ms excel adalah selaku berikut:

Cara ke #1 : Menyembunyikan satu kolom
Klik saja pada header kolom atau header baris yang ingin anda sembunyikan, lalu klik kanan lalu pilih hidangan hide, mirip gambar di bawah ini:

Contoh di atas contohnya ingin menyembunyikan kolom F, anda tinggak klik kanan saja di header kolm F, pada sajian yang muncul lalu pilih menu Hide, kolom F pun akan tersembunyi.

Sayangnya cara ini usang bila kolom yang mau di hide jumlahnya banyak.

Cara ke #2: Menyembunyikan banyak kolom
Cara kedua menurut aku paling mudah sebab mampu digunakan untuk banyak kolom baik berurutan atau pun tidak. Langkah-langkah untuk menyembunyikan kolom ms excel yakni sebagai berikut:

Misal kolom ms excel yang hendak kita sembunyikan kolom C, E, F, G dan H,

a. Langkah pertama anda harus menyeleksi kolom-kolom yang mau di hide tersebut.

b. Karena kolom yang akan dipilih tidak berurutan, silahkan tekan dan tahan tombol CTRL lalu klik pada kolom C, E, F, G dan H sampai terseleksi.

c. Setelah terseleksi arahkan mouse sempurna di atas salah satu kolom terseleksi, lalu klik kanan dan pilih menu hide. terlihat mirip gambar di bawah ini:

Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris  Cara Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel

Dengan menekan hidangan hide, maka kolom yang terseleksi akan di sembunyikan.

Oh ya jikalau Kolom yang ingin disembunyikan berurutan, anda tidak usah sambil menekan tombol CTRL pada keyboard, cukup seleksi saja kolom-kolomnya langsung. hingga terseleksi.

2. Menyembunyikan row atau baris MS Excel

Untuk menyembunyikan beberapa row atau baris di ms excel caranya tidak jauh berlainan dengan menyembunyikan kolom di atas, namun yang anda seleksi ialah baris ms excel yang ingin anda sembunyikan.

Sebagai teladan misal saya akan menyembunyikan baris ms excel dari mulai baris 4 hingga 10, maka langkah pertama adalah , menyeleksi ke 4 header baris tersebut, arahkan mouse sempurna di atas header baris yang terseleksi, lalu klik kanan, lalu pilih sajian Hide.

Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris  Cara Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel




Lihat gambar di atas, saya seleksi header baris 4 hingga 10, lalu pada salah satu header baris (kalo di agambar yang dipilih header baris ke 7) silahkan klik kanan, akan timbul hidangan lalu pilih sajian Hide.

Baris-baris yang terpilih pun akan disembunyikan.

Baca juga bagaimana cara Menampilkan kembali kolom atau baris ms excel yang disembunyikan


Demikian cara menyembunyikan Cara Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel. semoba menolong.



Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama