Dafatr isi yakni sebuah bab yang sangat penting yang mesti ada dalam sebuah dokumen atau karya tulis baik itu skripsi, karya ilmiah, makalah maupun dokumen lainnya, utamanya dokumen dengan jumlah halaman yang banyak.
Fungsi daftar isi adalah untuk menawarkan petunjuk terhadap pembaca tentang kandungan secara garis besar yang terdapat pada isi dokumen tersebut, sekaligus mereke lebih gampang untuk mendapatkan halaman yang dimaksud.
Dokumen tanpa daftar isi akan menciptakan pembaca susah untuk melihat isi dokumen secara garis besar dan sukar mendapatkan isi halaman yang mau dicari.
Untuk membuat daftar isi di microsoft word bantu-membantu sangatlah gampang, ada 2 cara yang mampu kita gunakan, cara otomatis dan cara manual.
Yang paling simpel tentu saja membuat daftar isi secara otomatis, alasannya adalah selain akibatnya lebih rapih, anda tidak disibukkan harus membuat judul-judul dan sub judul daftar isi secara manual, begitu juga anda tidak disibukkan harus memasukan penomoran halaman secara manua.
Judul-judul, sub judul dan juga number pada daftar isi otomatis akan digenerate secara otomatis oleh microsoft word lengkap dengan titik-titik nya.
Namun Untuk sebagian pengguna ada juga yang lebih nyaman menciptakan daftar isi secara manual, walaupun pengguna harus menulis satu-persatu judul-judul dan sub judul yang ingin dibentuk di daftar isi lengkap dengan nomor halamannya, begitu juga dengan titik-titiknya juga harus dibuat secara manual.
Tapi ada cara semoga pengerjaan titik-titik pada daftar isi yang dibentuk manual bisa dibentuk otomatis, caranya yaitu dengan memakai teknik tabulasi.
Di postingan kali ini aku akan coba urakan bagaimana cara membuat titik-titik secara otomatis pada daftar isi, ini berlaku untuk nyaris semua versi microsoft word modern, baik model ms word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 maupun word 2016.
Fungsi daftar isi adalah untuk menawarkan petunjuk terhadap pembaca tentang kandungan secara garis besar yang terdapat pada isi dokumen tersebut, sekaligus mereke lebih gampang untuk mendapatkan halaman yang dimaksud.
Dokumen tanpa daftar isi akan menciptakan pembaca susah untuk melihat isi dokumen secara garis besar dan sukar mendapatkan isi halaman yang mau dicari.
Untuk membuat daftar isi di microsoft word bantu-membantu sangatlah gampang, ada 2 cara yang mampu kita gunakan, cara otomatis dan cara manual.
Yang paling simpel tentu saja membuat daftar isi secara otomatis, alasannya adalah selain akibatnya lebih rapih, anda tidak disibukkan harus membuat judul-judul dan sub judul daftar isi secara manual, begitu juga anda tidak disibukkan harus memasukan penomoran halaman secara manua.
Judul-judul, sub judul dan juga number pada daftar isi otomatis akan digenerate secara otomatis oleh microsoft word lengkap dengan titik-titik nya.
Namun Untuk sebagian pengguna ada juga yang lebih nyaman menciptakan daftar isi secara manual, walaupun pengguna harus menulis satu-persatu judul-judul dan sub judul yang ingin dibentuk di daftar isi lengkap dengan nomor halamannya, begitu juga dengan titik-titiknya juga harus dibuat secara manual.
Tapi ada cara semoga pengerjaan titik-titik pada daftar isi yang dibentuk manual bisa dibentuk otomatis, caranya yaitu dengan memakai teknik tabulasi.
Di postingan kali ini aku akan coba urakan bagaimana cara membuat titik-titik secara otomatis pada daftar isi, ini berlaku untuk nyaris semua versi microsoft word modern, baik model ms word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 maupun word 2016.
Cara Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016
Untuk membuat titik-titik otomatis pada daftar isi yang ditulis secara manual, agar titik titik muncul dikala menekan tombol tab pada keyboard, maka langkah-langkahnya yakni selaku berikut:
1. Buka dokumen ms word anda
Sebelum menciptakan titik-titik otomatis, silahkan perhatikan bab-bagian ms word untuk memembuat titik-titik daftar isi otomatis seperti tampakpada gambar di bawah ini:
2. Pastikan Ruler telah muncul
Jika mistar / ruler tidak muncul, maka untuk memunculkannya caranya, pilih hidangan View > lalu centang pilihan Ruler
Maka ruler atau penggaris pun akan muncul.
3. Letakan kursor di posisi atas sebelah kiri pada lembar daftar isi yang masih kosong
4. Pastikan tanda tabulasi seperti gambar di bawah ini:
Jika yang timbul bukan itu, silahkan lakukan klik berkali-kali hingga memperoleh tanda seperti itu.
5. Setelah itu, klik pada ruler di posisi dimana tanda titik-titik ingin selsai, misal di posisi 14 mirip tampakpada gambar di bawah ini:
Tanda Tabulasi yang kita pilih pun akan timbul pada ruller.
Tanda tabulasi tersebut digunakan untuk batas ujung titik-titik sebelah kanan.
6. Selanjutnya, double klik tanda tersebut memakai tombol mouse sebelah kanan, maka akan muncul dialog berikut:
Silahkan pilih Opsi 2................., lalu tekan Tombol SET, lalu OK.
7. Pilih lagi tanda tabulasi hingga terlihat seperti gambar di bawah ini:
Jika yang timbul bukan gambar tabulasi itu, silahkan lakukan klik satu kali-satu kali di tanda itu, dan berhenti ketika sudah mendapatkan gambar itu.
8. Klik pada ruller di sebelah tanda tabulasi yang telah diletakan sebelumnya, misal di posisi 14.5. terlihat seperti gambar di bawah ini:
Maka tanda tabulasi yang dipilih pun akan muncul pada ruler.
Tanda itu nanti kita gunakan untuk menempatkan Nomor halaman sesudah titik-titik.
Mengisi Daftar Isi
Setelah pengaturan di atas simpulan dilakukan, saatnya kita mengisi lembar daftar isi.
Cara mengisi lembar daftar isi langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
1. Tulis Isi daftar isi
2 Setelah ditulis, untuk menciptakan titik-titik daftar isi secara otomatis, caranya tekan tombol TAB, pada keyboard, maka tanda titik-titik pun akan timbul otomatis.
3. Selanjutnya untuk meletakan Nomor halaman di samping titik-titik, tekan lagi tombol Tab, maka kursor pun akan pindah, lalu masukan nomor halaman.
Hasilnya akan terlihat mirip gambar di bawah ini:
Itulah artikel tentang Cara Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016, biar berfaedah buat anda.
Menurut saya cara paling parktis menciptakan daftar isi adalah dengan cara membuat daftar isi otomatis, dengan membuat daftar isi otomatis anda tidak perlu lagi menulis judul dan sub-sub judul daftar isi, tidak perlu menciptakan titik-titik serta tidak perlu memasukan nomor halaman.
Dengan daftar isi otomatis semuanya akan digenerate secara otomatis, mudah dan cepat.
Sumber http://panduanmicrosoftoffice.blogspot.com/
Tags:
Ms. Word